Siapa yang Jadi Juaranya? Benar atau Salah?

 

Tulisan ini merupakan kontribusi oleh Deniya Patricia

Siapapun di dunia ini pasti mau dirinya selalu benar, kalau ada yang berbuat salah, tentu saja mencari segala cara dan alasan agar dirinya tetap benar.

Tapi, apakah benar atau salah itu sebenarnya?

Benar atau salah sebenarnya hanyalah sebuah label yang dibuat oleh manusia, sifatnya pun pastilah tidak mutlak, akan terus berganti sesuai dengan persepsi manusia dan jalan pikir manusia seiring waktu.

Apakah benar itu selalu putih, dan salah selalu hitam?

Di jaman yang sudah semakin maju dan orang-orangnya kian pintar, beda antara keduanya pun semakin tipis, bahkan orang pintar jaman sekarang dapat memutarbalikkan antara benar dan salah. Rasanya tidak akan pernah ada habisnya membicarakan 2 hal itu, karena jika habis, maka pengadilan akan sepi dan pengacara banyak yang nganggur pastinya.

Kita sebagai manusia, ketika melakukan tindakan, tentunya tak akan pernah lepas dari konsekuensinya. Jika tindakan yang kita lakukan dinilai salah oleh sekitar kita, lalu apa yang akan kita perbuat? Tetap mencari pembenaran, atau mengakui itu salah seperti orang sekitar kita katakan?

Sebagai makhluk yang hidup dengan berlandaskan nilai-nilai spiritual, kita mengenal dengan apa yang disebut sebagai “awareness” atau bahasa Indonesia-nya kita sebut dengan kesadaran.

Benar atau salah hasil dari perbuatan kita berkaitan erat dengan kesadaran kita sebagai spiritual person, jika memang ada yang kurang proper, maka belajarlah secara gentle untuk mengakui bahwa kita salah.

Keberanian kita untuk intropeksi, sadar, dan mengakui kesalahan kita adalah sebuah keberanian yang patut dilestarikan dalam kehidupan kita, bermula dari diri kita secara pribadi lalu sebarkanlah ke sekitar kita berada. Jika kita telah memiliki keturunan, maka wajib hukumnya mengajarkan keberanian ini sedari dini agar generasi keturunan kita nanti menjadi jiwa-jiwa yang tidak gentar dalam menghadapi kehidupan. Apalagi dengan zaman yang semakin terbuka, maka dibutuhkan kesadaran yang semakin besar juga untuk mem-filter diri kita.

Seseorang yang penuh rasa takut atau ber-ego gede, dan tidak mau mengakui apa yang sebenarnya salah dari tindakannya, akan menghambat pertumbuhan diri serta jiwanya sendiri. Lepas dari satu masalah bukan berarti tidak akan terkena masalah lagi, apalagi jika kita tidak menyelesaikan masalah itu, besar potensinya akan kembali bertemu dengan masalah serupa lagi, lagi dan lagi, hingga kita dapat menyelesaikan masalah itu dengan baik. Barulah dari sana kita akan “naik kelas”.

Jadi apakah kita siap untuk “naik kelas”? Atau masih saja mau bertemu dengan masalah yang itu-itu lagi?

Tepuk dada anda dan katakan dengan bangga bahwa “saya akan jadi jiwa-jiwa yang berani untuk mengakui ketika saya salah”, lalu “saya akan meningkatkan kesadaran dalam hidup ini dan bertingkah laku yang sesuai dengan kesadaran itu, sehingga saya dapat kenali diri saya lebih baik”. Bukan benar atau salah yang jadi juara disini, tapi kesadaran kita lah jadi juaranya karena dapat mem-filter apa yang datang, lalu tahu mana yang harus dibuang pergi.

Bertindak tidak benar alias salah akan memberikan kita pelajaran-pelajaran, maka setiap pelajaran yang kita petik adalah bagian dari perjalanan kehidupan kita. Terima kasih Sang Pemberi Hidup, untuk segala pelajaran yang telah diberikan dari hal-hal yang benar atau salah, karena semua itu akan menjadi cikal bakal untuk diri kita berkembang…menjadi individu-individu yang lebih baik lagi dari waktu ke waktu.

_________________________________________________________________________________________________________________

DENIYA PATRICIA

Seorang yang tidak suka basa-basi, PD, dan bermental baja.

Lebih baik melawan arus daripada mengikuti arus yang tidak benar.

Mudah beradaptasi, dimana saja, dan kapan saja, tetapi memuja keheningan juga. 

Mencintai pengetahuan dan pengalaman baru, dan bosan akan keteraturan.

Hanya ingin bahagia bersama keluarga dan yang tersayang, tidak memerlukan hingar bingar duniawi. 

ENTJ(Extraversion-Intuition-Thinking-Judgement)-Beginner Storyteller-Professional Tarot Reader-Filmmaking people
Twitter: @deniyatarot. FB: Deniya Patricia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s